5 Alasan Orang Kaya Membeli Lukisan

Lukisan merupakan sebuah karya seni yang menarik dan banyak disukai. Meskipun menarik, lukisan masterpiece pada umumnya hanya dimiliki oleh orang kaya. Saat ini, sudah bukan rahasia lagi bahwa ada banyak orang kaya yang mengoleksi lukisan. Mengapa orang kaya menyukai lukisan? Apakah terdapat suatu hal khusus yang mendorong mereka sering mengikuti lelang lukisan?

Alasan Mengapa Orang Kaya Membeli Lukisan

Para pecinta lukisan biasanya adalah mereka yang memiliki banyak harta dan tergolong sebagai orang terkaya di negara tempat mereka tinggal. Mengapa bisa demikian?

1.     Memiliki Cita Rasa Seni yang Tinggi

Beberapa orang kaya memiliki cita rasa seni tinggi. Mereka dapat menilai mana lukisan yang bagus dan mana yang kurang bagus. Jika mereka tertarik dengan lukisan yang mereka anggap bagus, mereka tak segan untuk membelinya meski harga karya seni tersebut bernilai ratusan juta.

Dengan membeli lukisan yang dianggap bagus dan disukai, mereka dapat menikmatinya di rumah atau di kantor mereka. Kegiatan ini, dapat membuat orang kaya tersebut merasa senang. Selain itu, mereka juga menganggap bahwa lukisan yang dibeli dapat memperindah interior rumah atau kantor mereka.

2.     Mendukung Seni dan Budaya

Ketika membaca tentang dunia lukisan dan kegiatan jual belinya, Anda akan menemukan istilah patron. Apakah maksud dari istilah ini? Patron merupakan orang yang mendukung seni dan budaya.

Banyak orang kaya yang secara sukarela memberi dukungan pada seni, terutama seni lukis. Pemberian dukungan ini diberikan dengan cara membeli lukisan langsung dari seniman yang membuatnya melalui acara pelelangan karya seni ataupun pameran.

Dengan membeli lukisan tersebut, mereka telah membantu meningkatkan taraf hidup seniman. Sehingga, diharapkan para seniman tersebut tetap dapat terus berkarya menghasilkan karya seni yang menarik dan memperkaya budaya.

3.     Ingin Berinvestasi pada Lukisan

Lukisan yang bernilai seni tinggi biasanya akan mengalami peningkatan nilai seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga, karya seni yang dibeli pada saat ini biasanya akan bernilai lebih mahal jika dijual di masa depan. Peningkatan nilai tersebut akan semakin tinggi jika si pelukis semakin terkenal.

Oleh karenanya, banyak orang kaya yang tertarik untuk membeli lukisan sebagai bentuk investasi. Mereka berharap bahwa lukisan yang mereka beli akan semakin mahal jika dijual di kemudian hari. Dengan demikian, mereka akan memperoleh keuntungan dari penjualan tersebut.

4.     Menyukai Pesta Lelang yang Megah

Lukisan orang kaya biasanya diperoleh melalui lelang ataupun pameran. Pesta lelang dan pameran ini biasanya diadakan dengan disertai sebuah pesta megah. Selain sajiannya yang benar-benar top, hiburan di pesta ini biasanya juga menarik. Di samping itu, pesta ini juga bisa digunakan sebagai ajang untuk bertemu dengan orang kaya lainnya

Oleh karenanya, banyak orang kaya yang tertarik untuk mendatangi pesta tersebut. Dan karena mereka datang ke acara ini, maka mereka harus ikut serta dalam pelelangan lukisan. Dengan demikian, orang kaya tersebut pulang dengan membawa lukisan yang mereka menangkan dalam pelelangan itu.

5.     Ingin Menunjukkan Seberapa Kaya Diri Mereka

Sebagian orang kaya membeli lukisan karena ingin mempertahankan gengsi dan menunjukkan seberapa kaya diri mereka. Seringnya, lukisan mahal yang dimenangkan dalam sebuah pelelangan akan dipublikasikan.

Dengan demikian, khalayak umum akan tahu siapa pembeli dan berapa nominal uang yang dibayarkan. Hal ini tentu akan membuat orang kaya yang membeli lukisan tersebut merasa bangga dan puas.

Itulah alasan-alasan mengapa orang kaya menyukai lukisan. Satu orang kaya biasanya memiliki alasan yang berbeda dari orang kaya lainnya. Hal tersebut tergantung pada kepribadian mereka masing-masing.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp