Apa Itu Petilasan?

Kali ini, kita akan membahas tentang satu istilah, yang banyak dari kita pernah dengar, tetapi belum tentu secara pasti bisa menjelaskan.

Istilah yang saya maksud, adalah petilasan. Nah, apa sebenarnya petilasan itu? Inilah yang kali ini akan kita bahas.

Istilah petilasan, berasal dari kata tilas, yang dalam Bahasa Jawa artinya adalah bekas. Sehingga istilah petilasan merujuk pada suatu tempat yang pernah disinggahi, atau ditinggali, oleh seseorang yang penting.

Termasuk tempat-tempat yang dapat disebut sebagai petilasan, adalah tempat tinggal, tempat beristirahat selama pengembaraan, tempat pertapaan, tempat terjadinya peristiwa penting, atau tempat moksa.

Sedangkan termasuk dalam golongan orang penting yang memiliki status tinggi dalam masyarakat, antara lain adalah raja, punggawa atau kerabat kerajaan, tokoh agama, resi maupun maharesi, syeh atau wali, pemimpin atau tokoh masyarakat, dan juga orang-orang sakti yang disegani karena kecerdasan maupun keluhuran budi pekertinya.

Inilah, bedanya petilasan dengan makam. Kalau makam, jelas, adalah lokasi atau tempat disemayamkannya jasad seseorang yang telah meninggal dunia.


Baca Juga :


Bagi masyarakat Jawa, petilasan merupakan tempat yang selayaknya dihormati dan dijaga. Meskipun, tidak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan berjalannya waktu, ada kalanya orang datang ke petilasan, dengan harapan untuk meminta sesuatu secara instan.

Hal semacam ini, sebenarnya merupakan pergeseran makna. Sebab pada dasarnya petilasan dimaksudkan sebagai pengingat, agar generasi selanjutnya tidak lupa, bahwa pernah ada peristiwa penting yang terjadi di sana.

Banyak orang mempercayai, bahwa petilasan merupakan tempat yang mengandung energi positif. Keberadaan energi positif ini, biasanya dapat dirasakan lewat kesejukan hati dan suasana, saat berada di tempat tersebut.

Mengapa petilasan dipercaya memancarkan energi positif? Karena secara tradisional masyarakat meyakini, bahwa orang yang terkait dengan petilasan tersebut, memiliki kemampuan atau kesaktian tersendiri. Yang mana kesaktiannya itu meninggalkan bekas atau tilas disana.

Inilah mengapa, banyak orang gemar bertirakat di petilasan. Sebab dianggap sebagai tempat yang tepat untuk menyerap energi positif alam semesta.

Petilasan, dapat dimaknai sebagai tempat bersejarah yang patut dijaga dan dilestarikan. Ada makna yang tersirat dari sebuah petilasan. Yaitu sebagai penanda. Bahwasannya generasi sekarang tidak hanya dapat menikmati suasana fisik petilasannya saja, tetapi juga dapat belajar memahami makna bersejarah, dari tempat dimana suatu peristiwa penting pernah terjadi.

Makin hari, banyak dari kita semakin menjauh dari apa yang disebut eling. Eling artinya ingat. Dengan mengingat, kita akan menemukan jati diri kita. Nilai kita sebagai sebuah bangsa. Dan bagaimana kita bisa menemukan nilai dan jati diri ini, bila kita tidak belajar untuk memahami peninggalan leluhur kita.

Anda sendiri, bagaimana? Sudah pernah ke petilasan mana saja? Dan setelah mengunjungi petilasan tersebut, pelajaran berharga apa yang Anda dapatkan, dari peristiwa bersejarah yang pernah terjadi disana? Boleh ceritakan di kolom komentar.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp