Kupu-Kupu Masuk Rumah Tandanya Apa? Menurut Primbon Jawa

Kali ini, kita akan membahas soal salah satu mitos, yang dipercaya di kalangan masyarakat Jawa. Kaitannya dengan pertanda, berupa kedatangan kupu-kupu.

Dalam keyakinan masyarakat Jawa, suatu kepercayaan, atau mitos, memang masih cukup dipercaya. Sebab pada dasarnya, masyarakat Jawa meyakini bahwa alam, manusia, tumbuhan, dan juga hewan, memiliki ikatan yang erat antara satu sama lain.

Keyakinan inilah, yang kemudian membuat masyarakat memperhatikan kejadian alam sekitar, sebagai pertanda akan munculnya kejadian lain. Berdasarkan pengalaman, dan pengamatan.

Contohnya hari ini ada kejadian A. Kemudian hari berikutnya ada kejadian B. Sehingga di lain kesempatan, bila kejadian A terjadi kembali, maka secara naluri kita mengasumsikan, bahwa yang akan terjadi selanjutnya adalah kejadian B.

Termasuk mitos seputar datangnya kupu-kupu di dalam rumah. Banyak orang masih mempercayai, bahwa bila rumah kita kemasukan kupu-kupu, ini merupakan suatu pertanda juga. Kedatangan kupu-kupu ini, diyakini sebagai perlambang bahwa aka nada tamu yang datang ke rumah kita.

Sebagian dari Anda, mungkin sudah pernah mendengar soal mitos ini. Atau mungkin salah satu variasi lainnya.

Dari kupu-kupu yang datang ini, maka leluhur kita memperkirakan pula, kedatangan tamunya ini bagaimana. Contohnya, dipercaya bila kupu-kupu tersebut hinggap di meja atau di kursi dalam rumah, maka ini merupakan pertanda kuat bahwa tamu memang akan datang.

Karakter atau ciri tamu tersebut, bisa diperkirakan dengan memperhatikan bentuk, serta warna kupu-kupu yang masuk tadi.  Apabila kupu-kupu yang masuk ke dalam rumah ini warnya putih dan cantik, maka tamu yang akan datang pun diperkirakan bakal cantik atau tampan. Intinya, berpenampilan menarik.

Sebaliknya, bila yang masuk adalah kupu-kupu hitam, maka dikatakan bahwa tamu yang akan datang adalah sosok yang menyeramkan. Atau bahkan berniat kurang baik.

Sedangkan bila kupu-kupu yang masuk ke dalam rumah ini hinggap bukan pada furniture, melainkan pada badan si pemilik rumah, maka diperkirakan yang akan datang adalah orang dekat. Entah itu sahabat, saudara, kerabat, atau bahkan kekasih.

Anda sendiri, bagaimana? Pernah mendengar soal mitos ini? Apakah meyakini hal yang sama juga, atau barangkali Anda malah sudah pernah membuktikan kebenarannya?

Boleh tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar. itos ini? Apakah meyakini hal yang sama juga, atau barangkali Anda malah sudah pernah membuktikan kebenarannya? Boleh tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp