Mengapa Orang Jaman Dulu Panjang Umur

Kaitannya dengan kesehatan, kadang sebagian dari kita bertanya-tanya. Mengapa banyak orang tua di jaman dulu, masih tetap segar bugar hingga tua. Bahkan umurnya terbilang panjang, melampaui seratus tahun.

Sementara di jaman sekarang, baru mencapai angka 60 tahun saja sudah banyak yang terkena macam-macam penyakit. Termasuk sejumlah penyakit alias gangguan kesehatan yang di jaman dulu sama sekali tidak kita kenal.

Saya yakin, sebagian dari Anda pun pasti pernah menjumpai. Orang di sekitar Anda, atau bahkan di keluarga Anda sendiri, yang masih hidup hingga usianya lebih dari seabad, dan dalam kesehariannya pun masih sehat.

Nah, mengapa bisa demikian?

Salah satu rahasia mengapa orang jaman dulu cenderung sehat dan bugar hingga tua, adalah karena mereka terbiasa melakukan aktivitas secara maksimal. Contohnya dengan bekerja di sawah.
Mereka juga terbiasa tidur dengan cukup.

Terlebih bagi orang-orang yang seumur hidupnya tinggal di daerah pegunungan. Lha ibaratnya sudah terbiasa berolahraga dengan naik turun gunung untuk menjalankan kesibukannya sehari-hari.

Beda dengan kebanyakan dari kita, yang sulit sekali menyempatkan diri untuk berolahraga. Bahkan sampai punya keanggotaan gym pun jarang dimanfaatkan.

Pola makan di jaman dulu pun, tidak sama dengan pola makan kita di masa sekarang ini. Banyak dari orang tua kita yang makannya sangat teratur, meski tanpa diatur. Sehari makan tiga kali. Dan tidak pernah memulai aktivitas tanpa sarapan terlebih dulu.


Baca Juga :


Sedangkan kita? Kadang karena telat bangun, akhirnya buru-buru bersiap dan melenggang pergi sebelum makan pagi.

Dulu, orang juga lebih banyak dan lebih sering makan sayur. Serta jarang ngemil. Sementara di jaman sekarang ini, banyak diantara kita yang justru bergantung pada makanan cepat saji. Bahkan mie instan sampai dikonsumsi hampir tiap hari.

Meskipun ada kalanya makan sayur, tetapi sayur yang kita konsumsi di jaman sekarang, kebanyakan merupakan sayur yang ditanam dengan bantuan pestisida. Jaman dulu tentunya tidak ada seperti itu.
Jadi soal asupan bahan pengawet, tidak perlu kita pertanyakan lagi.

Kurang lebihnya, itulah yang menjadikan orang tua jaman dulu, nampak lebih sehat dan bugar dari kita sekarang.

Tapi apakah itu artinya orang jaman dulu lantas berumur lebih panjang, secara umum? Ya tidak juga. Sebab bagaimanapun, pelayanan kesehatan jaman dulu, tidak sebaik jaman sekarang. Harapan hidup manusia di jaman dulu, tidak setinggi harapan hidup kita hari ini.

Mungkin ada banyak orang jaman dulu yang hidup hingga umur seratus tahun lebih. Tetapi yang meninggal ketika masih kanak-kanak, juga banyak. Sebab tidak semua kondisi medis dapat terbantu dengan tuntas di jaman dulu.

Beda, dengan ketersediaan dokter dan rumah sakit yang kita nikmati hari ini. Sehingga ketika dihitung angka rata-rata, maka akan nampak bahwasannya harapan hidup kita di jaman ini, tetap lebih baik. Meskipun jika dilihat dari gaya hidup sehari-harinya, akan kalah jauh.

Untuk itu, kita ambil baiknya saja. Kebiasaan-kebiasaan baik seperti beraktifitas rutin, makan teratur, dan tidur yang cukup, kita anut. Dan di sisi lain, kita syukuri pula ketersediaan layanan kesehatan yang lebih maju, dibandingkan jaman nenek moyang kita dulu. Semoga masing-masing dari kita senantiasa diberikan kesehatan, dan umur panjang.


Ada Pertanyaan? Jangan Ragu Untuk Konsultasi : Klik Via Whatsapp